Artikel, Majalah Kesehatan

Gizi : Siapa tak kenal brokoli?

0 67

Sayuran berdaun hijau tua dan termasuk dalam suku kubis-kubisan (Brassicaceae) ini, sering digunakan dalam berbagai hidangan dan masakan di seluruh belahan dunia. Tapi taukah anda? Brokoli memiliki banyak kandungan nutrisi seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin C, serat, kalium, kalsium, dan karoten. Bahkan, brokoli juga mengandung phytochemical penting dan antioksidan, yang dapat melawan berbagai penyakit infeksi dan kanker.

Berikut beberapa manfaat brokoli bagi kesehatan yang telah teruji klinis :

  1. Sifat anti kanker. Penelitian menunjukkan brokoli dan sayuran hijau lainnya mengandung phytochemical yaitu senyawa yang bersifat anti kanker. Selain itu brokoli juga mengandung zat yang dapat mencegah poliferasi (perbanyakan) sel kanker serta mengandung pro vitamin A yang berkhasiat untuk melawan kanker.
  2. Sifat anti penuaan. Brokoli juga memiliki kandungan anti oksidan yang dapat mencegah radikal bebas yang berujung penuaan dini atau bahkan penyakit degenerative seperti hipertensi, diabetes, jantung, dsb.
  3. Membantu pencernaan.Brokoli kaya akan serat, yang membantu pencernaan dan bekerja mencegah sembelit.
  4. Bertindak sebagai detoxifier (pembersih rancun). Kandungan vitamin C, asam amino sulfur membuat brokoli sangat baik untuk dikonsumsi. Karena membantu menghilangkan radikal bebas dan racun seperti asam urat dari tubuh.
  5. Mengontrol diabetes. Brokoli kaya akan kromium, yang dikenal untuk membantu mengatur insulin dan mengontrol diabetes.
  6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Brokoli merupakan sumber vitamin C, nutrisi penting yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.
  7. Menjaga penglihatan yang sehat. Penelitian telah menunjukkan bahwa beta-karoten dalam brokoli dapat melindungi mata terhadap degenerasi makula dan mencegah katarak.
  8. Melindungi terhadap radiasi sinar UV. Para peneliti juga menemukan bahwa senyawa yang disebut sulforaphane dalam brokoli mengurangi kerusakan kulit dan peradangan yang disebabkan oleh paparan radiasi UV.
  9. Memperkuat tulang dan Mencegah osteoporosis. Kandungan kaya kalsium, seng, magnesium dan fosfor, nutrisi tersebut membantu dalam menjaga kekuatan tulang dan menjaga tulang tetap kuat. Oleh karena itu, makan brokoli sangat bermanfaat bagi para wanita dewasa yang rentan terhadap osteoporosis dan hamil.
  10. Mencegah anemia. Anemia adalah langsung berhubungan dengan kekurangan zat besi. Zat besi dan asam folat yang ditemukan dalam brokoli dapat membantu mencegah anemia kekurangan zat besi.
  11. Mempertahankan kehamilan yang sehat. Brokoli merupakan sumber folat yang membantu mencegah cacat saraf seperti spina bifida pada janin. Semua wanita membutuhkan sumber rutin folat selama kehamilan.
  12. Mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Sebuah studi menunjukkan bahwa diet tinggi folat dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan brokoli merupakan salah satu makanan yang mengandung zat ini.
  13. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Brokoli kaya akan serat mengurangi kolesterol, kromium, dan potasium, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengontrol tekanan darah.
  14. Mengurangi risiko penyakit jantung. Karotenoid lutein ditemukan dalam brokoli dapat mencegah penebalan arteri di jantung, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung, terutama stroke.
  15. Diet berat badan. Brokoli sangat rendah dalam konten kalori. Sekitar 146 gram brokoli mengandung kurang dari 50 kalori dan oleh karena itu pola makan yang baik untuk orang yang sedang menurunkan berat badan.

Untuk mendapatkan semua khasiat dari brokoli, ada baiknya kenali ciri brokoli yang baik untuk dikonsumsi. Brokoli yang segar berbatang kokoh, tak layu, berwarna hijau dengan kuncup yang rapat, belum menguning, serta berkuntum dan batang cukup banyak.

Selain itu cara memasaknya yang benar membuat gizi baiknya tak terbuang, seperti menghindari merebus sayuran ini. Menurut Eatingwell, ada beberapa cara memasak brokoli yang lebih baik ketimbang merebusnya. Pertama, persiapkan brokoli sebelum pengolahan. Anda dapat memotong brokoli per kuntum, atau potong jadi dua di tengah kemudian potong-potong lagi menjadi setengah bagian dengan ketebalan sekitar 2,5 cm.

Begini cara memasak brokoli yang benar :

  • Microwave : Hamparkan kuntum dan potongan brokoli di atas pinggan tahan panas yang cukup besar. Tutup rapat dengan aluminium foil dan microwave dengan suhu panas hingga matang sekitar 4 menit.
  • Panggang : Panaskan oven hingga suhu 260°C. Hamparkan potongan brokoli di atas loyang atau panci lebar yang besar hingga mampu memuat brokoli cukup dalam satu lapis saja. Tambahkan dengan 1 sendok makan minyak zaitun. Panggang hingga setengah matang, lalu keluarkan dan balik brokoli. Panggang kembali hingga empuk dan kecoklatan sekitar 10 menit.
  • Kukus : Tempatkan potongan brokoli bagian berbatang di dalam keranjang kukusan. Jerang air sedalam 5 cm dari dasar panci kukusan. Tambahkan 1 sendok makan air perasan lemon. Masak di atas api panas lalu masukkan batang brokoli ke dalam kukusan, tutup. Masak hingga matang sekitar 2 menit. Tambahkan brokoli bagian kuntum, masak kembali hingga matang seitar 5 menit.

 

TUMIS BROKOLI DAN WORTEL

Penilaian :

Membuat masakan ini sangat mudah. Siapkan semua bahan-bahannya lalu olah dengan api besar dan cepat agar sayuran masih terasa segar.

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :

  • 200 gram brokoli, dipetiki per kuntum
  • 100 gram wortel, diiris serong
  • 3 buah bakso sapi, dipotong-potong
  • 1/2 buah bawang bombay, diiris panjang
  • 3 buah cabai hijau besar, dibuang bijinya, dicincang kasar
  • 1 buah tomat merah, dipotong-potong
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 200 ml air
  • 1 sendok teh maizena dilarutkan dalam 1 sendok teh air
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:

  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh ebi, diseduh, disangrai

Cara Pengolahan :

  • Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, bawang bombay, dan cabai hijau sampai harum. Masukkan bakso sapi. Aduk rata.
  • Tambahkan tomat merah. Aduk sampai layu. Masukkan wortel dan brokoli. Aduk rata.
  • Masukkan garam dan gula pasir. Aduk rata. Tuang air. Aduk rata. Masak sampai mendidih.
  • Kentalkan dengan larutan maizena. Masak sampai matang dan meresap.

Untuk 4 porsi

Sumber :

www.sajiansedap.com/recipe
www.tabloidnova.com/nova/Tips
www.bidanku.com/manfaat-brokoli

Penulis : Nurfadhilah Narlinda, Amd.keb

About the author / 

AdminHAS

Hilal Ahmar Solo

Alamat: Komplek Masjid Al-Muhajirin Semanggi RT 06/04 Pasar Kliwon Surakarta 57117

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hilal Ahmar Solo

Alamat: Komplek Masjid Al-Muhajirin Semanggi RT 06/04 Pasar Kliwon Surakarta 57117

Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: AHU-4520.AH.01.02. Tahun 2008

Sesuai dengan Akte Notaris No.01 Tanggal 01 September 2008 Yang dibuat oleh Notaris Doktoranda Nurhasanah Latief, SH.MM. MKn NPWP: 21.049.063.7-526.000

Arsip